Monday, April 27, 2015

Teacher pay Teachers

Ini salah satu situs yang sangat memberi inspirasi bagi para guru (non-guru juga bisa sih....)!

Di situs ini kita bisa menemukan tidak hanya lembar kerja untuk para siswa, tapi juga font atau clip art yang bisa digunakan untuk menciptakan lembar kerja atau digunakan untuk mengatur kelas kita. Di dalamnya bukan hanya hasil kerja guru dalam bahasa Inggris saja, tapi juga dalam bahasa-bahasa lainnya, termasuk bahasa Indonesia!

Kalau kita rajin, kita juga bisa membuat atau menggunakan lembar kerja hasil buatan kita sendiri, dipercantik dengan menggunakan font-font yang menarik atau borders/frames yang lucu-lucu yang bisa kita unduh secara gratisan, dan kita jual di situs ini. Harganya kita sendiri yang menentukan. Pada saat saya menulis artikel ini, harga terendah yang bisa kita ajukan adalah $0.95. Kita juga disarankan untuk mengunggah karya-karya yang bisa diunduh secara gratis oleh tim TpT.

Berhubung saya belum punya modal yang cukup untuk membeli (karena pake dollar), jadi saya suka mengunduh item-item yang gratisan aja. Mau tau caranya?

Pertama, ya mendaftar dulu kali ya..... Ketik https://www.teacherspayteachers.com/, lalu klik join for free di sebelah kanan atas.


Selanjutnya anda akan menemukan tampilan berikut.

Untuk pemula, anda bisa memilih standard membership atau seller upgrade. Keduanya gratis.
Standard membership hanya mengijinkan anda untuk mengunduh/membeli/mengomentari produk-produk yang dijual di sana. Kalau anda memilih seller upgrade, maka selain mengunduh/ membeli/mengomentari produk-produk di TpT, anda juga akan dapat menjual dan memperoleh royalti. Saya sarankan anda memilih yang kedua, karena siapa tau suatu hari nanti anda bisa ikut jualan juga. Toh gratis ini.... ya kan?
Kalau mau pilih yang ketiga juga boleh-boleh aja... Saat artikel ini dibuat, fee yang harus anda bayarkan adalah $59.95. Kaliin aja dengan nilai tukar rupiah yaaaa....

Selanjutnya anda tinggal masukkan data-data yang diminta oleh situs tersebut. Salah satu data yang akan diminta adalah alamat email Paypal. Jadi bagi anda yang belum punya, silahkan daftar dulu di www.paypal.com.

Setelah pendaftaran selesai, anda langsung cek email anda untuk memverifikasi keanggotaan anda. Terus login ke situs www.teacherspayteachers.com deh!

Seperti yang saya sebutkan di atas, untuk mencari aitem-aitem gratisan, anda tinggal pilih salah satu penjual lalu cari kategori "Prices" dan klik "free". Nanti akan keluar aitem-aitem gratisan yang dikasih sama penjual tersebut. Jangan lupa dibaca syarat dan ketentuan yang diberikan oleh penjual tersebut yaaaa.... Penting banget soalnya!

Selamat mencoba!




No comments:

Post a Comment